Laman

jumlah Pengunjung

Rabu, 02 April 2014

SENSASI, ATENSI dan PERSEPSI

Sensasi adalah deteksi energi fisik yang dihasilkan atau dipantulkan oleh benda-benda fisik. Sel-sel tubuh yang melakukan deteksi ini terletak pada organ inderawi (mata, telinga, hidung, kulit, dan jaringan tubuh). Sensasi adalah tahap pertama dalam perkembangan perseptual dimana stimulus bertemu dengan indera kita. Semua yang kita lihat,dengar dan rasakan dinamakan proses sensasi.
Contoh : Saya melihat ada lima anak yang sedang bermain di halaman rumahnya.

Persepsi yaitu sekumpulan tindakan mental yang mengatur impuls-impuls sensorik menjadi suatu pola bermakna. Persepsi adalah proses dimana kita menyimpulkan obyek yang kita dapat dan itu belum tentu benar karena persepsi semua orang itu berbeda. Dan persepsi itu juga sangat berhubungan dengan apa yang kita alami dahulu.
Contoh : Saya melihat ada lima anak yang sedang bermain di halaman rumahnya. Saya menilai anak-anak tersebut anak-anak yang cerdas dan lucu.

Atensi adalah pemusatan pikiran, dalam bentuk yang jernih dan gambling, terhadap sejumlah objek stimulant atau sekelompok pikiran. Atensi adalah Proses ketika banyak obyek yang kita dapat terhiraukan dan kita hanya tertuju pada satu obyek yang kita perhatikan.
Contoh : Saya melihat ada lima anak yang sedang bermain di halaman rumahnya. Pandangan saya tertuju pada dua orang anak yang ada, saya melihat mereka adalah anak kembar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar